Seragam Satpam – Salah Satu Model Seragam Security

Bayangkan ketika kita akan membangun sebuah gedung perkantoran, apa yang akan kita persiapkan terlebih dahulu? Tentu saja membangun fondasinya gedung yang akan kita bangun agar bangunan semakin kokoh.

Begitu pula dengan profesi petugas security, apabila kita berniat untuk menjadi seorang profesional dalam bidang pengamanan, atau kita mau berkarir menjadi seorang security, maka yang pertama kali kita harus mengerti dan fahami adalah Tugas Pokok, Fungsi dan Perannya. Untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik, maka petugas tersebut wajib memahami Tugas pokok, fungsi, serta perannya. Termasuk kewajiban dalam menggunakan pakaian seragam ketika ia bekerja.

Jenis Seragam Satpam

Seragam PDH

Seragam PDH dipakai ketika melakukan tugas sehari-hari di lingkungan kerjanya, disamping di kawasan khusus yang membutuhkan kelengkapan seragam khusus.

Pakaian ini berupa kemeja putih lengan pendek dengan beberapa aksesoris bordir, yaitu bordir nama di dada kanan atas saku dan satpam/security di dada kiri atas satu, kemudian logo perusahaan di lengan kiri dan lambang polda di lengan kanan.  Kemudian kemeja putih ini dipadukan dengan celana panjang biasanya warna biru tua bagi laki-laki dan rok selutut atau celana panjang untuk perempuan. Terkadang dilengkapi dengan dasi yang dibordir logo perusahaan.  Perlengkapan pakaian PDH juga dilengkapi dengan topi, pentungan, sabuk, dan juga sepatu khusus.

Seragam Satpam Pakaian Dinas Lapangan (PDL)

Pakaian PDL ialah seragam satpam yang khusus dipakai oleh satpam  berkaitan dengan aktivitas di lapangan serta sejenisnya.

Seragama PDL biasanya dilengkapi dengan tutup kepala memakai topi lapangan berwarna biru tua dilengkapi dengan emblem, Baju kemeja lengan panjang khas berwarna biru tua dan memakai lap di dekat pundak.

Celana untuk pria dan wanita, bentuk dan warna sama dengan model seragam PDH, Sepatu untuk pria sepatu dinas lapangan berwarna hitam sedangkan untuk wanita bisa menggunakan sepatu rendah berwarna hitam, disertai Ikat pinggang terdiri dari kopelriem berwarna putih dan ikat pinggang kecil berwarna hitam. Sebetulnya Atribut seragam PDL sama dengan seragam PDH sebagaimana kecuali tali peluit berwarna putih.

Pakaian Seragam Harian (PSH)

Pakaian Sipil Harian digunakan pada saat acara-acara tertentu atau pada saat berjaga di dalam ruangan dan bisa juga untuk satpam yang memiliki jabatan yang lebih tinggi.

Seragam Satpam Pakaian Seragam Lapangan (PSL)

Seragam satpam dengan pakaian seragam lapangan biasanya digunakan pada saat acara-acara formal atau resmi di suatu perusahaan.

Ketentuan Pemakaian Seragam Security / Satpam

Profesi satpam adalah sebuah profesi yang sangat penting karena profesi tersebut bertugas menjaga keamanan seluruh wilayah tempat bekerja dan oleh karena profesi satpam merupakan profesi dengan tanggung jawab yang besar. Menjadi seorang satpam meskipun terlihat mudah akan tetapi sebenarnya cukup sulit karena memerlukan banyak pengetahuan dan juga keterampilan. Seseorang yang berprofesi sebagai satpam harus optimal agar bisa menjadi seorang satpam yang baik.

Orang yang berprofesi satpam harus mengetahui semua prosedur keamanan yang ada di perusahaan, disamping itu pula satpam juga harus mengetahui ketentuan pemakaian seragam satpam. Karena itu akan menjadi identitasnya sebagai seorang satpam. Seseorang yang berprofesi satpam, harus mempelajari dengan benar apa-apa saja yang harus di lakukan dan harus sesuai dengan prosedur keamanan yang telah ditetapkan agar bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Lakukan latihan jika memang itu harus anda lakukan agar pekerjaan bisa optimal. Pemakaian seragam satpam tergantung dari jenis seragam satpam. Umumnya ada dua jenis seragam satpam, yakni PDH (Pakaian Dinas Harian) dan PSL (Pakaian Satpam Lengkap). Keduanya memiliki ketentuan pemakaian yang berbeda.

Baju Satpam

Dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan satpam pada umumnya menggunakan seragam satpam tertentu yang akan membedakannya dengan karyawan lainnya. Dengan itu maka ketika para tamu datang ke suatu kantor/perusahaan sudah mengenal jelas satpam atau security kantor tersebut. Maka itu penting bagi perusahaan memberikan seragam satpam lengkap dengan identitas satpam.

Sesuai gambar seragam satpam untuk PDH berupa kemeja putih lengan pendek dengan beberapa aksesoris bordir, yaitu bordir nama di dada kanan atas saku dan satpam atau security di dada kiri atas satu, kemudian logo perusahaan di lengan kiri dan lambang polda di lengan kanan.  Kemudian kemeja putih ini dipadukan dengan celana panjang biasanya warna biru tua bagi laki-laki dan rok selutut atau celana panjang untuk perempuan. Terkadang dilengkapi dengan dasi yang dibordir logo perusahaan.  Seragam PDH juga dilengkapi dengan topi, pentungan, sabuk, dan juga sepatu khusus. Dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan petugas pada umumnya menggunakan seragam satpam tertentu yang akan membedakannya dengan karyawan lainnya.

Contoh Seragam Security Lengkap

Contoh seragam security lengkap misalnya atasan kemeja berwarna putih, disertai dengan celana warna biru tua, atau ada juga yang berwarna hitam. Tergantung dengan keinginan perusahaan. Selain itu petugas juga biasanya membawa perlengkapan tongkat di dekat celananya.

Harga Seragam PDL

Harga seragam PDL bervariasi, mulai dari harga Rp 90.000 itu tergantung Anda membelinya dalam jumlah yang banyak atau tidak, karena biasanya perusahaan konveksi akan memberikan harga yang murah jika Anda membelinya dalam jumlah yang banyak.

Toko Seragam Satpam

Saat ini sudah banyak toko seragam satpam yang memproduksi berbagai macam model seragam satpam beserta perlengkapannya. Mulai Pakaian Dinas Harian (PDH), Pakaian Dinas Lapangan (PDL), Pakaian Seragam Harian (PSH), sampai dengan akaian Seragam Lapangan (PSL). Semua lengkap disediakan oleh perusahaan yang memproduksi baju seragam. Untuk itu bagi Anda yang berniat membeli seragam satpam. Perhatikan jenis bahan yang digunakan, karena seragam tersebut akan digunakan selalu saat bekerja. Pilihlah pakaian seragam dengan bahan yang awet.

Telpon Sekarang
Whatsapp